Memakai Kimono buat yang ber Hijab

Dalam bahasa Jepang, Kimono (着物?) secara harfiah artinya adalah pakaian atau sesuatu yg dikenakan. “Ki” artinya pakai, sedangkan “Mono” artinya adalah barang. Kimono, meski adalah pakaian khas Jepang, namun banyak wanita di luar Jepang yang juga menggemarinya. Termasuk diantaranya adalah Wanita Muslimah yang mengenakan Hijab.Lalu, bagaimana cara Memakai Kimono buat yang ber Hijab ? Mari kita baca artikel dari butik hijabers paling asyik popbatik.com yang berisi tips tentang memakai kimono buat hijabers.
Memakai-Kimono-buat-yang-ber-Hijab

Beda Kimono dengan Yukata

Meskipun hampir mirip model dan bentuknya, baju khas jepang yang kita kenal Kimono tersebut ternyata terbagi-bagi lagi. Untuk menyederhanakan, maka kita sebut saja Kimono dan Yukata. Perbedaan antara Kimono dengan Yukata adalah sebagai berikut :
1. Orang Jepang mengenakan Kimono hanya untuk acara Formal, mereka menyebut pakaian ini sebagai Gofaku, dan ada juga yang menyebutnya dengan Wafuku. Sedangkan Yukata, bisa dikenakan untuk acara yang tidak formal. Acara santai seperti melihat pertunjukan kembang api, nonton Matsur atau festival musim panas, merayakan pesta pada upacara Obon dan lain sebagainya.
2. Kimono dibuat dari bahan kain premium yang harganya sangat mahal, seperti Kain Sutra Jepang. Sedangkan Yukata dibuat dari kain yang harganya tidak lebih mahal dari Kimono.
3. Sangat sulit membeli Kimono jadi di toko, malah mungkin bisa disebut tidak ada. Kimono harus dipesan kepada pembuatnya sedangkan Yukata sangat mudah untuk mendapatkannya. Banyak toko yang menjual Yukata jadi, dengan beragam motif dan bahan.
4. Ada aturan khusus, Kimono dipakai siapa dan seperti apa. Misalnya dari ukuran lebar lengan, maka kimono tersebut hanya boleh dipakai Gadis dan berbeda dengan kimono untuk wanita yang sudah menikah. Sedang, Yukata bebas.
5. Dalam mengenakan Kimono, si pemakai diharuskan mengenakan daleman terdiri atas 2 lapis. Di Jepang, lapisan tersebut dinamakan Juban dan Hadajuban. Untuk Yukata, wanita yang memakainya cuma diwajibkan memakai 1 lapis pakaian dalam saja, yaitu Hadajuban saja.
1419094828_6390522393_13ed7cb078.jpg

Cara Memakai Kimono buat yang ber Hijab

Beginilah cara memakai kimono buat yang memakai hijab supaya kelihatan bagus serta rapi :
1. Sebelumnya, pakailah Hijab anda terlebih dulu. Pilihlah hijab segi empat atau bentuk pashmina dari katun dengan warna yang matching dengan baju kimono yang akan anda pakai. Jika tidak, pilihlah warna netral. Sebaiknya jangan mengenakan Jilbab yang memiliki banyak aksesoris. Akan terlihat rame dan “ndeso”.

Memakai Kimono buat yang ber Hijab
2. Kalau hendak memakai Kimono dengan benar, sebaiknya memakai Susuyoke terlebih dulu. Ini adalah rok dalam panjang yang bisa berwarna putih polos atau bercorak dengan warna cerah. Bila tidak berkenan memakai atau tidak miliki Susoyoke, boleh-boleh saja

Memakai-Kimono-buat-yang-ber-Hijab-22. Memakai pakaian dalam yang disebut Hadajuban dan mengencangkan tali pengikatnya.
3. Panjang Kimono selalu melebihi panjang yang dibutuhkan si pemakai sehingga kain Kimono yang panjangnya berlebih harus diangkat sedikit ke bagian pinggang dan dikencangkan dengan menggunakan Koshihimo, yaitu sabuk pinggang yang terbuat dr kain

Memakai-Kimono-buat-yang-ber-Hijab-34. Merapikan Bagian-bagian Kimono  yang sedikit longgar di badan ke arah perut dan mengencangkannya dengan kain sabuk pengikat yang disebut Datejime
Memakai-Kimono-buat-yang-ber-Hijab-4
5. Mengencangkan Kimono dengan cara melilitkan serta mengikatkan kain Obi.
Penjelasan tentang Obi : yaitu kain yg dililitkan di pinggang. Panjangnya kurang lebih 4 hingga 5 meter. Lebar Obi yang digunakan untuk Yukata adalah setengah dari lebar Obi yang digunakan untuk memakai Kimono. Ada banyak jenis simpul yang digunakan untuk pada saat mengikat Obi. Simpul Obi yang paling populer adalah simpul Bunko yang berbentuk seperti kupu-kupu. Jika belum dapat membuat simpul Obi sendiri, anda dapat membeli simpul Obi yang sudah jadi di toko dan tinggal menyisipkannya ke dalam Obi anda.

Memakai-Kimono-buat-yang-ber-Hijab-5
6. Rapikan kimono dan juga rapikan hijab anda.

Butik Hijabers etnik pelangi dan pop batik ini juga menyediakan Outer cantik model Long Coat yang bisa anda kenakan seperti halnya Kimono. Silahkan klik foto dibawah untuk mengetahui detailnya :
Long Coat Tie dye Pelangi Baju Outer Pilihan |Blue Collor

2 Comments

  1. jeffry August 16, 2016

Leave a Reply